6 Rekomendasi Novel Tentang Kesehatan Mental

1. Loving The Wounded Soul by Regis Machdy

50029689._SX318_SY475_

Buku ini membahas tentang perjalanan depresi penulis, tapi tidak hanya sebatas cerita saja. Namun dikupas detail dan dihubungkan dengan teori serta rujukan-rujukan yang terpercaya. Jadi buku ini memberi kita insights tentang psikologi dan mental health yang bener-bener teoritis tidak sebatas common sense sajaa.

Bukunya menarik, tidak membosankan dan insightful. Pelajaran yang bisa diambil bahwa it’s ok not to be ok. Tidak papa untuk merasa sedih, tidak papa untuk merasa kecewa. Dengan menerima kita justru lebih mudah menjalaninya daripada ketika kita menolaknya dari realita.

2. Yang Belum Usai by Pijar Psikologi

52428307._SY475_

Buku ini membahas tentang luka batin tapi tidak hanya itu kita juga diberi tahu bagaimana cara menyembuhkan luka batin dan mencintai diri sendiri. Pembahasannya sangat padat dan jelas sehingga mudah dipahami dan juga sama seperti buku sebelumnya yang disertai dengan sumber rujukan yang jelas sehingga informasi yang didapatkan dapat dipertanggungjawabkan secara teoretis.

Bukunya menarik dan berbobot setelah baca bisa membuat tenang sekaligus menambah pengetahuan tentang mental health. Pelajaran yang bisa diambil bahwa hidup bukan tentang siapa yang menyakiti kita. Hidup adalah tentang bagaimana kita menerima setiap peristiwa yang terjadi baik menyenangkan maupun menyedihkan serta memaafkan orang yang terlibat di dalamnya termasuk diri kita sendiri.

 

3. Solve for happy by Mo Gawdat

images

Buku ini dalam bahasa inggris ditulis oleh seorang Ayah setelah struggle dengan kebahagian karena kehilangan anak laki-lakinya. Membahas tentang rumus-rumus bahagia disajikan simpel per sub bab yang setelah membacanya membuat saya “oiya ya bener juga” meskipun memakai bahasa inggris full dan format yang minim gambar tapi buku ini tidak membosankan karena isinya yang bikin pembaca pengen cepat-cepat menyelesaikan buku ini.

Salah satu pelajaran penting yang saya dapat dari buku ini adalah “kebahagiaan itu terjadi ketika hidup berjalan seperti yang kita inginkan, dan kita tidak bahagia ketika apa yang kita inginkan tidak terwujud. Nah dari dua pengertian itu dapat kita tahu bahwa sebenernya bukan sesuatu yang terjadi yang bikin kita senang/sedih tapi bagaimana persepsi kita terhadap sesuatu itu”.

 

4. The Things You Can See Only When You Slow Down by Hemin Sunim

WhatsApp Image 2020-10-14 at 18.33.03

Buku ini ditulis dalam bahasa inggris yang sebelumnya merupakan terjemahan dari bahasa korea. Buku ini sedikit menceritakan perjalanan dan kisah hidup seorang biksu. Berisi tentang bagaimana kita untuk lebih bersyukur dan menjalani hidup dengan tenang dan sepenuh hati. Buku ini tidak berbentuk narasi panjang melainkan quote-quote indah yang dipetik dari cerita singkat didepannya. Quotenya sangat menampar dan terkadang membuat saya sampai meneteskan air mata saat membacanya.

Salah satu pelajaran yang paling saya ingat adalah “when your mind rest, the world also rest” semua hiruk pikuk dunia ini berasal dari pikiran kita sendiri. Dan buku ini juga sangat menekankan bahwa present moments is precious, bukan kemarin dan besok tetapi hari ini saat ini adalah hal berharga yang harus kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya.

 

5. I Want To Die But I Want To Eat Tteokpokki 1 & 2 by Baek Se Hee

Cover-Edit

Buku ini bermaksud agar kita bisa mengerti apa yang dirasakan oleh orang yang mengalami distimia atau depresi atau gangguan pada kesehatan mental lainnya. Memang dalam mengatasi masalah mental kita perlu tahu dulu apa yang ia rasakan, soalnya itu penting. Salah perlakuan malah bisa bikin makin parah. Mengetahui perasaan ini juga dapat menumbuhkan kepekaan kita akan kesehatan mental, dan menumbuhkan rasa peduli akan kesehatan mental mulai dari diri sendiri.

Melalui buku ini, kita dapat melihat bagaimana sudut pandang seseorang yang mengidap distimia. Apa yang dirasakannya. Faktor-faktor apa aja yang membuatnya begitu dan bagaimana survivenya dia dalam menghadapi semua itu. Semua itu membuka cara berpikirku tentang depresi. Bacaan ini juga mengandung istilah-istilah psikologis dan mengenalkan kita pada penyakit psikologis. Gaya bahasa yang ditawarkan juga mudah dimengerti meskipun banyak istilah-istilah psikologi.

 

6. Egosentris by Syahid Muhammad

1581653970865-768x576

Buku ini merupakan novel yang tema besarnya seputar psikologi. Menceritakan persahabatan antara Fatih, Fana, dan Saka dengan segala macam permasalahan yang mereka miliki. Ada Fatih, seorang mahasiswa psikologi yang memiliki gangguan psikosomatik, yaitu suatu gangguan pikiran yang mempengaruhi tubuh sehingga memunculkan rasa sakit pada fisik. Fana, sahabat Fatih yang hidupnya selalu diatur kedua orang tuanya, tidak bisa bebas memilih apa yang disukainya. Terakhir ada Saka, memiliki wajah yang ganteng dan sikap yang baik ke semua orang sehingga membuat banyak wanita salah paham.

Bertema mental illness, Fatih yang terkadang merasa hidupnya tidak berharga, Fana dengan empatinya, dan Saka yang punya sisi gelap dalam hidupnya. Novel ini menarik untuk dibaca, karena isu kesehatan mental tidak dibahas secara terang-terangan, tapi melalui cerita-cerita dari para tokohnya.

 

19.10 Karya Tulis, Uncategorized 0

Post details

Leave a Reply

Social