AL-FAATIH “Orientasi Al-Qur’an pada era sekarang”

Bidang kerohanian HIMA BK (HAMAKA) 2020

Muharram 1442 H/Agustus 2020

M Edisi 01

1

 

Halo, sahabat Al-Faatih!!! Beberapa waktu lalu umat Islam merayakan tahun baru Islam pada tanggal 1 Muharram 1442 H ataudalam tahun Masehi bertepatan pada tanggal 20 Agustus 2020. Di tahun yang baru ini semoga kita dapat mejadi insan yang lebih baik lagi dibandingkan dengan tahun lalu.

Di tahun yang baru ini pula alangkah baiknya kita melakukan banyak hal baik, dan salah satunya yaitu dengan cara mengenal dan mendekatkan diri pada Al-Qur’an. Sahabat Al-Faatih, kira-kira mengapa ya, generasi kita perlu mengenal Al-Qur’an? Kira-kira apa ya,manfaatnya untuk generasi sekarang. Selengkapnya, simak ya, sedikit penjelasannya. Agar kita lebih tergugah untuk mengenal dan mendekatkan diri dengan Al-Qur’an.

(عَن عُمَرَ بنِ الخَطٌاَبِ رَضَي اللٌهُ عَنهُ قَالَ: قَالَ رَسُولٌ اللٌهُ عَلَيهِ وَسَلٌمَ اِنَ اللٌهَ يَرفَعُ بِهذَ االكتَاِبِ اَقَوامًا وَيَضَعُ بِه اخَرِينَ (رواه مسلم

Dari Umar RA berkata bahwa Rasulullah: “Allah Ta’ala mengangakat derajat berapa kaum melalui kitab in (Al-Qur’an) dan Dia merendahkan beberapa kaum lainnya melalui kitab ini pula.” (HR Muslim)

 

 

ORIENTASI ALQURAN  2

Pada era sekarang

Beserta keutamaan-keutamaan Al-Qur’an

3

Perlu kita ketahui Al-Qur’an yang secara harfiah berarti “bacaan sempurna” merupakan suatu nama pilihan Allah yang sungguh tepat, karena tiada satu bacaan pun sejak manusia mengenal tulis baca lima ribu tahun yang lalu yang dapat menandingi Al-Qur’an Al-Karim, bacaan sempurna lagi mulia itu . Pertanyaanya,

Kenapa kita harus bisa membaca Al-Qur’an?”

Alquran adalah firman Allah yang pasti bermanfaat untuk manusia. Salah satu manfaat nya adalah bahwa ketika membaca Alquran akan Allah sedang bercakap-cakap dengan kita. Salah satu keutamaan Al-Qur’an yaitu jika suatu tempat sering bersapa dengan Alquran walaupun sedikit demi sedikit maka ketika dilangitkan sebuah doa maka doa tersebut dijabah karena ada wasilah Al-Qur’an, itulah keutamaan Al-Qur’an.

Ketika seseorang mampu membaca dan memahami akan menjadi GPS di dunia menuju akhirat dan mendapatkan ketenangan jiwa. Al-Qur’an dijadikan jalan perjuangan dalam menegakan jati diri seseorang dengan rasa ikhlas Allah akan berikan kemudahan hidup dalam menghadapi kesulitan dan rintangan serta godaan yang ada pada era sekarang. Sebagai penjelas kehidupan kita saat ini dalam amar ma’ruf nahi munkar, semua yang telah termaktub dalam Al-Qur’an memiliki tujuan yang baik bagi hambaNya.

Saat kita mampu membaca dan mengajari al-Quran kepada seseorang insya Allah akan menjadi wasilah kita mencapai surga karena barang siapa yang dikehendaki kebaikan di dalam dirinya kemudian Allah ridho maka Allah mengarahkan kita kepada kehidupan yang benar. Pada era sekarang banyak dari kita disibukan dengan urusan dunia ini sehingga dari kita lupa bahkan tidak membaca Al-Qur’an. Tentu kita bertanya-tanya mengapa orang yang terbata-bata dalam membaca Alquran dan mendapat kesulitan mendapatkan dua pahala.

Ternyata orang yang mendapatkan dua pahala ini adalah ketika dia mau untukterus belajar bagaimana membaca alquran dengan baik dan benar. Namun sulit bagi kita untuk dekat Al-Qur’an pada era sekarang dengan segala kesibukan duniawi. Lalu bagaimana menjadi pribadi yang dekat dengan Al-Qur’an? manusia diantara dua yaitu muyassar dan mukhoyyar, muyassar adalah manusia diperjalankan seperti lahir, jenis kelamin yaitu ketetapandan mukhoyyar manusia memiliki pilihan seperti memilih mau belajar Alquran atau tidak belajar Alquran.

Jadi ketika ada seseorang yang mampu membaca, menghafal atau mengamalkan       Alquran        itu bukanlah takdir/muyassar melainkan mukhoyyar yaitu pilihan hidup seseorang menjadi apa, maka dari itu tentukan diri kita, “mau menjadi pribadi seperti apa?” selain itu alquran akan menjadi syafaat kita di hari akhir nanti. Kemudian tidak ada salahnya mengajarkan bacaan Al -Qur’an pada era sekarang yang banyak dari kita masih terbata-bata dan kesulitan membaca Al-Qur’an karena orang yang suka mengajar dan berniaga alquran secara ikhlas dengan kemampuanya maka Allah akan turuni kebaikanya pada keturunanya. jangan ragu berpegang teguh pada Al-Qur’an.

 

Imam Al-Bukhari meriwayatkan sebuah hadits dari Hajjaj bin Minhal dari Syu’bah dari Alqamah bin Martsad dari Sa’ad bin Ubaidah dari Abu Abdirrahman As-Sulami dari Utsman bin Affan Radhiyallahu Anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,

 تَعَلَّم الْقُرْآن وَعَلَّمَهُ خَيْرُكُم مَنْ

“Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al-Qur`an dan mengajarkannya.”

 

 

RINGKASAN

Ketika kita sudah membaca Al-Qur’an dan men-tadabburi-nya serta mengamalkannya pasti diberi pahala, meskipun tidak menghafalnya, sebagaimana di dalam hadits yang diriwayatkan oleh Aisyah Radhiyallahu ‘anha. Beliau berkata : Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda. Jangan pernah ragu mendekatkan diri dengan Al-Qur’an tidak akan ada ruginya menegakan Al-Qur’an semua akan menjadi mudah, hidup lebih tenang. Sekalipun kita masih kesulitan dan terbata-bata dalam membacanya

الَّذِي يَقْرَأ القُرْآن وَهُو مَاهِر بِه مَع السَّفَرَة الكِرَام البَرَرَة وَالَّذِي يَقْرَأُ الْقُرْآنَ وَيَتَتَعْتَعُ فِيهِ وَهُوَ عَلَيْهِ شَاقٌّ لَهُ أجْرَانِ

“Orang yang mahir membaca Al-Qur’an, dia berada bersama para malaikat yang terhormat dan orang yang terbata-bata di dalam membaca Al-Qur’an serta mengalami kesulitan, maka baginya dua pahala” maka dari itu teruslah berbuat kebaikan karena balasan/kebaikan tidak harus kita dapatkan sekarang melainkan nanti. Al-Qur’an hadir untuk zaman-zaman yang akan datang dan kebenaranya tidak diragukan lagi, bahkan Al-Qur’an akan menjadi syafaat pada hari kiamat nanti dan menyelamatkan kita dari azab. Maka bacaan Al-Qur’an akan menjadi penambah kekurangan tersebut. Perlu kita ingat kembali bahwa Kematian dan hari akhir itu nyata, perlunya kesadaran untuk terus memperbaiki diri dan menjadikan Al-Qur’an sebagai akhlak kita sehari-hari dalam menjalankan aktivitas Dwimuka bumi ini.

Dari yang sudah dibahas diatas, bahwa salah satu Al-Qur’an yaitu menjadi GPS bagi hidup kita, yang dapat menuntun kita dalam hidup. Juga dengan mambaca Al-Qur’an kita akan mendapatkan kebaikan, yang satu kebaikan tersebut akan dikalikan sepuluh kebaikan. Allah juga memberikan dua pahala bagi orang sudah mau belajar membaca Al-Qur’an walaupun terbata-bata. Bagi mereka yang mengajarkan Al-Qur’an dengan ikhlas akan diberikan kebaikan kepada keturunannya. Jadi jangan ragu untuk mendekatkan diri dengan Al-Qur’an karena banyak sekali keutamaan dan manfaat dari Al-Qur’an, dengan Al-Qur’an hidup kita akan lebih baik. Usahakan juga membaca Al-Qur’an dalam sehari walaupun hanya satu ayat. Sedikit pengingat “jika kita memilih akhirat, maka dunia akan mengikuti kita”. Fungsi Alquran yang terpenting adalah sebagai pedoman bagi manusia dalam mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat. Alquran sangat berperan pada seluruh aspek kehidupan dalam rangka ibadah dan solusi pencapaian kebahagiaan di dunia dan akhirat.

 

                                                                                                                                                                                            Narasumber

Bayan Rahman (ketua yayasan sarana cendekia Bogor, Hafidz Quran 20 juz) dan internet

26.08 Karya Tulis, Uncategorized 0

Post details

Leave a Reply

Social