Jutaan Opsi Kehidupan

Dunia dan peradaban yang semakin maju membuat manusia dihadapkan pada banyak pilihan. Hal ini terjadi tanpa kita sadari. Manusia hidup bagaikan memanjat sebuah pohon. Dalam setiap tahapan hidupnya seorang manusia pasti dihadapkan dengan berbagai pilihan. Mulai dari masa kanak-kanak, remaja hingga dewasa. Ada keadaan di mana terkadang kita merasa takut dan khawatir membuat pilihan yang salah dan berakhir memberikan dampak buruk bagi kehidupan.

 

Setelah dilahirkan, seorang manusia akan menjalani hidup sebagaimana manusia lainnya. Ia akan menghadapi tahapan yang sama namun berjalan dengan pilihannya sendiri. Sejak bangun tidur pun seorang manusia sudah dihadapkan pada sebuah pilihan, akan bangun tepat waktu atau tidak. Kemudian setelahnya ia juga akan kembali dihadapkan dengan pilihan, apa yang akan dilakukan. Apakah akan mandi atau sarapan pagi terlebih dahulu. Berbagai pilihan akan selalu datang hampir setiap waktu.

 

Pilihan hidup ini dimulai dari pilihan-pilihan sederhana di masa anak-anak hingga pilihan-pilihan kompleks di usia dewasa. Manusia terkadang menghadapi masa sulit ketika dihadapkan pada pilihan. Perasaan takut dan cemas jika mereka membuat pilihan yang salah seringkali menimbulkan dampak buruk terhadap kehidupan pribadi dan sosial. Untuk menentukan pilihan yang tepat manusia perlu memikirkannya dengan matang. Apabila ia sudah menemukan yang menurutnya terbaik maka ia akan menjatuhkan pilihannya. Bahkan setelah menentukan pilihannya pun manusia kerapkali masih bertanya tanya apakah memang benar ini yang terbaik untuknya? Bagaimana jika tidak berjalan sesuai harapan? Dan berbagai jenis pikiran negatif lainnya.

 

Oleh karena itu dalam menentukan sebuah pilihan, seorang individu perlu memantapkan visi hidup dan senantiasa mengevaluasi pro dan kontra terhadap sesuatu. Selain itu juga tidak ada salahnya untuk meminta pendapat orang lain sebelum membuat keputusan. Satu hal yang perlu diingat ialah jangan pernah takut akan kegagalan. Meskipun setiap manusia tentu memiliki persepsi yang berbeda dalam memaknai kegagalan. Beberapa darinya ada yang berhasil melewati masa sulit dan menjadikan kegagalan sebagai acuan untuk kembali bangkit.  Namun juga tidak sedikit dari mereka yang menyerah. Pada kenyataannya kedua hal tersebut pun menjadi opsi atau pilihan dalam hidup.

 

Akan selalu ada pilihan dalam kehidupan setiap manusia. Ada jutaan opsi yang menanti di depan sana dan tentu semuanya bergantung pada kita. Apakah akan bersikeras untuk terus melangkah maju? Atau mungkin cukup hanya dengan berdiri di tempat yang sama? Atau bahkan memilih menyerah dan berbalik melangkah mundur? Untuk mencapai kebahagiaan dalam hidup, seorang individu harus berani menentukan pilihan yang tepat, sekalipun pilihan itu mengorbankan banyak hal. Hal baiknya ia akan mencapai kebutuhan hidup yang sedang dicari. Seseorang yang memilih untuk terus melihat kedepan dan melangkah maju ialah mereka yang menyadari bahwa mimpi tidak pernah mengenal kata usai. Selalu ada harapan baik yang digantungkan manusia setiap harinya.

05.02 Karya Tulis 0

Post details

Leave a Reply

Social