Kamus Kampus

Hai Hai! Bagi KMBK khususnya Mahasiswa Baru, ada hal menarik nih. Wah apa tuh? 

Yaps betul! Kamus kampus di sini maksudnya adalah kumpulan kosakata yang berhubungan dengan kampus. Nah ada apa aja sih? Yuk simak!

? BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa)

BEM adalah lembaga eksekutif di kampus beranggotakan mahasiswa yang menjalankan berbagai kegiatan dan program. Tingkatan BEM terdiri dari tiga, yaitu:

a. BEM tingkat fakultas yang anggotanya mahasiswa dari fakultas tersebut, kalau di Fakultas Ilmu Pendidikan, UPI namanya KEMA FIP UPI (Keluarga Mahasiswa FIP UPI). Nah, bagi kalian yang pengen tahu lebih lanjut tentang KEMA FIP UPI, boleh dicek di akun instagram-nya @kemafipupi

b. BEM tingkat vokasi yang beranggotakan mahasiswa vokasi (D3).

c. BEM tingkat perguruan tinggi/universitas yang beranggotakan mahasiswa dari berbagai fakultas dan program studi. Nah, kalau di UPI namanya BEM REMA UPI. Kalau kalian mau kepo-kepo, boleh banget mampir ke akun instagram-nya @bem.upi

 

 

? DPM/BPM (Dewan Perwakilan Mahasiswa/Badan Perwakilan Mahasiswa)

Kalau BEM adalah lembaga eksekutifnya, DPM ini adalah lembaga legislatifnya. Setiap universitas memiliki nama yang berbeda, ada yang memakai sebutan DPM, ada pula yang memakai sebutan BPM. Nah, di BK UPI sendiri memakai sebutan DPM. Anggota DPM adalah mahasiswa perwakilan program studi. Kalau kalian mau kepoin, yuk mampir ke akun instagram-nya @dpmbk_upi

 

 

? Hima (Himpunan Mahasiswa)/HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan)

Sama seperti sebelumnya, setiap universitas memiliki nama atau sebutan masing-masing, ada yang memakai sebutan Hima, ada juga yang memakai sebutan HMJ. Di BK UPI, memakai sebutan Hima. Anggota Hima terdiri dari mahasiswa perwakilan program studi. Oh iya, anggota Hima lebih banyak daripada anggota DPM. Kalau mau kepoin Hima BK UPI, hayu mampir ke akun instagram-nya @himabkupi

 

 

? Cuti Akademik

Cuti akademik adalah meminta libur/cuti selama 6 bulan dengan alasan tertentu.

 

 

? Rektor

Rektor adalah pimpinan tertinggi di universitas. Rektor Universitas Pendidikan Indonesia periode 2020-2025 adalah Prof. Dr. M. Solehuddin, M.Pd., M.A.

 

 

? Dekan

Dekan adalah dosen yang menjadi kepala fakultas. Saat ini, dekan FIP UPI adalah Dr. Rudi Susilana, M.Si. periode 2021-2025.

 

 

? Kaprodi

Kaprodi adalah dosen yang memimpin di program studi, baik jenjang S1, S2, maupun S3. Saat ini, kaprodi S1 BK UPI adalah Dr. Ipah Saripah, M.Pd. dan kaprodi S2 serta S3 adalah Prof. Dr. H. Agus Taufiq, M.Pd.

 

 

? Dospem

Dospem (dosen pembimbing) adalah dosen yang membimbing mahasiswa untuk menyusun skripsi.

 

 

? PA (Pembimbing Akademik)

Dosen PA/Dosen wali adalah dosen yang akan membimbing mahasiswanya selama berkuliah di universitas tersebut. Biasanya, mahasiswa meminta acc kontrak mata kuliah kepada dosen PA nya masing-masing.

 

 

? IP dan IPK

IP (indeks prestasi) adalah nilai mahasiswa per semester. Jadi, misalnya kamu memiliki IP semester 1 sebesar 3,75.

IPK (indeks prestasi kumulatif) adalah gabungan nilai IP. Jadi, nilai IP dari semester 1-semester 8 dijumlahkan dan dirata-ratakan.

 

 

? IRS (Isian Rencana Studi)

IRS adalah proses pendaftaran mata kuliah atau kontrak mata kuliah yang akan diambil. Setiap universitas memiliki kebijakan masing-masing, ada yang dipaket, ada pula yang rebutan. Jadi, mahasiswa nanti akan diminta untuk mengisi IRS di laman program studi masing-masing.

 

 

? KRS (Kartu Rencana Studi)

KRS adalah kartu yang berisikan daftar mata kuliah beserta dosen dan SKS yang sebelumnya sudah kamu isi di IRS.

 

 

? PRS (Perbaikan Rencana Studi)

PRS dilakukan jika mahasiswa salah atau keliru dalam memilih mata kuliah, maka bisa dilakukan saat PRS. Misalnya, saat pengisian IRS dan dosen PA sudah meng-acc, mahasiswa lupa belum mengontrak mata kuliah B. Inggris. Nah, beberapa minggu selanjutnya, ada masa PRS. Mahasiswa bisa melakukan perbaikan di PRS.

 

 

? KHS (Kartu Hasil Studi)

KHS adalah daftar nilai yang diperoleh mahasiswa.

 

 

? KTM (Kartu Tanda Mahasiswa)

Sama seperti saat SMP/SMA, kita memiliki kartu peserta sebagai siswa SMP/SMA. Di Universitas pun disediakan KTM untuk para mahasiswa.

 

 

? NIM/NPM 

Setiap universitas memiliki sebutan yang berbeda-beda, ada yang menyebut NIM, ada pula yang menyebut NPM. NIM singkatan dari Nomor Induk Mahasiswa sedangkan NPM singkatan dari Nomor Pokok Mahasiswa.

 

 

? SKS (Sistem Kredit Semester)

SKS ini adalah jumlah waktu per mata kuliah. Misalnya, pada mata kuliah A, SKS-nya berjumlah 3 SKS. Di BK UPI, 1 SKS-nya berjumlah 50 menit.

 

 

? UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa)

Kalau dulu pas SMA namanya ekstrakurikuler, maka pas kuliah namanya UKM. UKM ini ada beberapa tingkatan, ada UKM Universitas, UKM Fakultas, dan UKM Program Studi.

 

 

? UKT 

Nah pasti udah gak asing dong sama yang satu ini? Yaps, UKT adalah biaya pendidikan yang harus dibayar oleh mahasiswa per semesternya. UKT merupakan singkatan dari Uang Kuliah Tunggal.

 

 

? Semester Pendek/Semester Padat

Semester pendek/semester padat adalah perkuliahan di masa liburan.

 

Yeayy, gimana? Sekarang jadi sudah lebih mengenal seputar kampus kan?!

 

#HimaBK2021

#KabinetProgresif

#BersamaMelangkahMaju

22.04 Seputar Kuliah 0

Post details

Leave a Reply

Social