Lingkungan Terbaik yang Tuhan Berikan

Hello! Assalamualaikum! Kenalin nih namaku Azka Dhianti Putri dari angkatan 2020. Di tulisan ini aku bakal sedikit cerita rasa syukurku karena telah ditetapkan untuk masuk ke dalam jurusan ini. Ya! Karena aku sama sekali tak pernah bermimpi atau berangan-angan masuk jurusan BK sedari kecil hingga 1 bulan sebelum UTBK, itu pun UTBK yang diundur lama karena pandemi baru masuk di Indonesia wkwkwk. Aku pun sebelumnya jurusan IPA ketika di MA, sehingga berpikir akan meneruskan di jurusan MIPA atau agama. Dan aku rasa, yang mencondongkan dan menguatkan hatiku untuk memilih BK hanya Tuhan saat itu.Hingga akhirnya saat ini aku merasakan kebaikan-kebaikan atas ketetapan Allah SWT ini bisa dirasakan sampai saat ini.

 

Kebaikan-Nya di awali dari kita semua angkatan 2020 masuk grup. Dari sana aku benar-benar merasakan aura positif teman-teman. Di mana sampai saat ini, tak aku temukan satu teman pun yang tak memiliki kepedulian atau empati. Karena hal ini, diriku selalu merasa bersyukur memiliki teman-teman yang memiliki kepedulian tinggi. Di mana menurutku rasa kepedulian itulah yang mulai pudar di sebagian kalangan, padahal amat penting membangun support system untuk perkembangan.

 

Kebaikan selanjutnya yang Tuhan titipkan kepada teman-teman yaitu saat diriku melakukan suatu kesalahan. Saat itu terdapat suatu mata kuliah yang melakukan presentasi dan aku bertugas menjadi moderatornya. Singkat cerita, mikrofon laptopku saat itu bermasalah, sehingga sangat kecil suara yang masuk ke zoom. Karena merasa tidak kunjung betul mikrofon di laptop, aku pun gugup dan dengan cepat memutuskan untuk melakukan zoom di handphone, serta langsung keluar dari zoom. Tanpa disadari, ternyata aku malah memilih end meeting saat memutuskan leave tadi. Dan tentu saja lupa, bahwa sebelum itu seorang teman menitipkan zoom ini padaku untuk menjadi host. Alhasil, semua orang di zoom itu keluar, termasuk pula dosennya. Benar-benar saat itu aku panik dan merasa bersalah karena telah melakukan semua ini, apalagi dosen pun telah masuk ke dalam zoom. Pikiranku saat itu campur aduk, berpikir bagaimana teman-teman dan dosen marah padaku, serta berpikir pula bagaimana mengatasi mikrofon yang rusak ini. Tetapi ternyata semua pikiran itu salah, teman-teman sama sekali tidak marah, tidak ada yang marah, semua malah mewajarkan! Dan malah ada yang bersedia membantu membuat kembali room zoom. Lalu, ketika masuk kembali ke dalam zoom pun, dosen itu sama sekali tidak marah dan hanya tersenyum kepadaku. Kemudian, teman-teman pun malah membantu memperbaiki mikrofonku, hingga akhirnya aku dapat memoderatori pada pagi hari itu. Dari kejadian tersebut, diriku benar-benar tak habis pikir dengan kelembutan hati mereka sehingga dijadikan-Nya tidak marah padaku. Padahal jika dipikir-pikir sangat menjengkelkan jika saat itu aku berada di pihak teman-teman ataupun dosen.

 

Kebaikan-Nya yang aku rasakan selanjutnya yaitu bagaimana ternyata semua dosen di jurusan ini memiliki kekhasan potensi yang dimiliki masing-masing! Di mana aku pun baru sadar, ketika ketua program studi kita yakni Bunda Ipah menyebutkan kelebihan ciri khas masing-masing dosen, yang dilanjut dengan penekanan Prof. Uman bahwa di BK itu “semua orang dihargai karena potensinya!”. Karena uswah atau contoh yang dosen-dosen berikan, aku pun menjadi bertekad untuk terus menggali dan mengasah potensi yang dimiliki.

 

Singkatnya, semua kebaikan-Nya itu ternyata dititipkan di sebuah jurusan yang tak pernah aku bayangkan. Ya! Itulah jurusan BK. Aku rasa ternyata Tuhan menitipkan diriku di sini karena ingin aku memiliki support system yang baik. Di mana memang sedari dulu, aku rasa diriku bisa benar-benar berkembang salah satunya karena indikator support system yang baik.

 

Aku harap teman-teman yang membaca pun bisa memaknai setiap titik kehidupan selama di jurusan ini dan bisa menulis atau sharing juga bersamaku! Karena tentu alangkah sangat banyak hikmah atau pelajaran yang bisa diambil dari setiap orang di dalamnya, tentunya dari dosen kita yang sangat luas biasa. Terima kasih telah membaca! Sampai jumpa di tulisan selanjutnya!

 

#HimaBK2021

#KabinetProgresif

#BersamaMelangkahMaju

08.09 Pengalaman Kuliah 0

Post details

Leave a Reply

Social