Pengalaman Kuliah Hadifah

Keliling Berbagai Kota Di Indonesia Sambil Menorehkan Prestasi

             Hadifah Nurul Fikriyah merupakan nama lengkap yang saya miliki. Lahir di Jakarta pada 19 Mei tahun 2000. Saat ini, saya menempuh pendidikan di Universitas Pendidikan Indonesia jurusan Bimbingan dan Konseling, Angkatan 2018, kelas B. Selama menempuh pendidikan di BK, banyak hal yang saya dapatkan, menjadi mahasiswa yang tidak biasa adalah tekad yang saya bulatkan sejak pertama kali memulai perkuliahan. Bertemu dan berdiskusi dengan kakak tingkat yang hebat, memiliki segudang prestasi dan aktif berorganisasi membuat saya ketika melihatnya selalu mengatakan kepada diri sendiri “suatu saat saya yang akan menjadi seperti itu”. Sejak menjadi mahasiswa baru, saya punya pemikiran yang sebenarnya sederhana yaitu “orang lain harus mengenal saya karena potensi yang saya miliki” hal itu dibutuhkan keberanian yang kuat. Maka, sejak menjadi mahasiswa baru saya mulai berani ambil peran dengan hal mudah didapatkan, tapi tidak banyak orang yang cukup berani untuk hal tersebut yaitu seperti menjadi Penanggung Jawab SK dan akhirnya dipilih untuk menjadi Presidium Sidang, terlihat simple tapi hal tersebut yang menjadi awal mula saya untuk ambil peran di lingkungan kampus. Menurut saya, ketika kamu melakukan hal biasa yang juga dilakukan orang pada umumnya, jangan berharap dapat hasil yang berbeda.

Saya pun mulai berkenalan dengan kating-kating luar biasa hingga saya dan beberapa teman diajak untuk mengikuti Musyawarah Wilayah 2 Ikatan Mahasiswa BK Indonesia (IMABKIN) di Madura karena saya juga sejak dulu ingin sekali bisa jalan-jalan gratis hehehe namun saya tidak pernah menyangka bahwa hal tersebut terwujud ketika baru memasuki dunia perkuliahan. Saya pun mengiyakan ajakan kating apalagi saat itu kami pergi dengan biaya yang ditanggung sebagian oleh prodi. Sampai akhirnya, saya dan beberapa teman menjadi Pengurus Wilayah 2 IMABKIN. Saat itulah menjadi awal mula saya akhirnya pergi ke beberapa kota di Indonesia seperti Yogyakarta, Semarang, Salatiga, Surabaya, Jambi dan akhirnya saya mulai mengikuti berbagai lomba di Tingkat Nasional, dari berbagai lomba tersebutlah yang membawa saya sebagai salah satu awardee Student Achievement Award UPI 2020. IMABKIN menjadi awal semangat saya untuk berprestasi di tingkat nasional, saya sangat berterimakasih kepada kakak kakak tingkat yang tidak pernah pelit ilmu dan selalu memberikan saya kesempatan hingga saya memiliki teman dari berbagai universitas di Indonesia. Sering kali saya pun gagal namun yang terpenting bukanlah berapa banyak kegagalan yang dialami tapi berapa banyak keberanian untuk mencoba lagi.

 

20210808_195945         Lomba Esai Nasional di Universitas Jambi   

20210808_200023Lomba Cipta dan Baca Puisi di IAIN Salatiga

 

 Muswil 2 IMABKIN di IAIN Madura

  

 

Lomba di UIN Bandung dan UNU Surabaya

 

Memiliki prestasi di tingkat nasional khususnya bidang kepenulisan, bukan hal yang saya dapatkan begitu saja. Saya menyukai membaca sejak duduk di bangku Sekolah Dasar walaupun saat itu saya hanya menyukai membaca cerita fiksi di novel atau cerpen, banyak kegagalan yang sudah saya lalui, namun saya tidak pernah berhenti menulis karena hal tersebut sesuatu yang memang senangi. Dengan memiliki kegemaran membaca sejak SD, memang awalnya mungkin kita tidak akan merasakan manfaat dari membaca itu sendiri. Namun lambat laun, saya merasa memiliki kemudahan dalam menulis dan public speaking karena yaa kosa kata yang dimiliki cukup banyak dan hal tersebut diperoleh ketika kita rajin membaca. Sejak duduk di bangku SMP dan SMA pun saya menyukai puisi dan kerap kali diminta untuk membaca puisi namun saat itu, saya belum mengikuti berbagai lomba.

Kegemaran dalam membaca dan menulis, membuat saya selalu ingin memiliki buku karya saya sendiri. Namun, ternyata hal tersebut tidak mudah kadang harus melawan rasa malas ketika menulis, sampai akhirnya saya mengikuti komunitas menulis dan Alhamdulillah dari sanalah saya menulis 2 antologi buku bersama para penulis muda lainnya dan satu buku kumpulan puisi. Keinginan untuk memiliki buku sendiri mulai tercapai.

 

20210808_200133 Buku ke-1

20210808_200210Buku ke-2

 

20210808_200240

Sertifikat Menulis Buku Puisi

Tidak hanya prestasi akademik, namun saya juga berusaha untuk bisa aktif di organisasi baik di lingkungan kampus ataupun luar kampus mulai dari menjadi koordinator tim disiplin, ketua pelaksana dies natalis, menjadi bendahara umum, lalu menjadi peer counselor di salah satu komunitas kesehatan mental di Indonesia, mengikuti Kampus Mengajar KEMDIKBUD angkatan 1 hingga menjadi delegasi nasional di bidang pendidikan untuk salah satu desa di Aceh sampai baru saja tahun 2021 ini saya mengikuti Harvard Virtual Class 2021. Karena yang terpenting adalah kebermanfaatan untuk orang sekitar kita.

 

20210808_200352    Menjadi Ketua Dies Natalis 2019 

20210808_200322Mengikuti Kampus Mengajar Kemdikbud

 

20210808_200450

Mengikuti Harvard Virtual Class 2021

Saya merupakan orang yang sebenarnya cukup tidak percaya diri, terlalu memikirkan pandangan orang lain tentang saya, namun ketakutan yang dimiliki terkalahkan oleh kemauan belajar dan keinginan untuk selalu mencoba, karena saya menyadari bahwa ketakutan tersebut bisa jadi hanya dalam pikiran kita. Hal tersebut membuat saya bisa keluar dari zona nyaman, dan satu hal yang pegang bahwa “Lebih baik mencoba dan gagal dari pada tidak pernah mencoba sama sekali. Lebih baik bergerak walaupun hanya selangkah daripada tidak bergerak sama sekali”.

Hingga saat ini, memasuki semester 7 saya berusaha untuk tetap bisa menjaga semangat saya dalam berkarya. Menularkan dan memberi motivasi kepada adik tingkat untuk melanjutkan perjuangan kaka-kaka nya. Semangat untuk adik-adik perjalanan kalian masih panjang, ambil setiap kesempatan yang kalian miliki. Teruslah berusaha karena kita tidak akan pernah tau seberapa dekat lagi jarak kita dengan kesuksesan, karena menurut saya sangat penting untuk memiliki konsistensi dalam berjuang, dan yang perlu diingat bahwa waktu sukses yang dimiliki setiap orang berbeda-beda.

 

08.08 Pengalaman Kuliah 0

Post details

Leave a Reply

Social