How to be Mahasiswa Beprestasi

Karya: Rembulan

Halooo perkenalkan, nama aku Rembulan dari BK angkatan 2016, Mahasiswa Beprestasi FIP 2019 and as well as Top 5 Mapres UPI. Shooommboong bgt ga sih?Dikit boleh kali yaa hehe, biar temen-temen maru yang baca ini trust dan ikut pengen jadi Mapres, aamiin.

 

Nah, ditulisan ini aku ingin sharing apa itu Mahasiswa Berprestasi (Mapres), apa keuntungannya buat kita, dan gimana sih caranya. Aku harap para pembaca bisa termotivasi untuk jadi Mapres nih!

 

Mahasiswa Beprestasi adalah sebuah gelar yang bisa kamu dapatkan jika mengikuti ajang PILMAPRES. Mapres tuh Kupu-Kupu (kuliah pulang) ya? Belajar mulu ya? Harus bagus terus IPKnya? Eeiiittss, salah besar kalau kamu berpikir, mapres adalah mahasiswa yang hanya belajar di kelas aja. BIG NO!

 

Mau jadi Mapres? Bisa banget. Syarat utamanya tekad yang kuat dan harus jadi manusia yang tangguh.
Why???? Karenaaaa Mapres harus seimbang antara akademik, organisasi, dan prestasi. So, otomatis keuntungan yang kamu dapet adalah personal branding kalau kamu adalah seorang akademisi, aktivis, dan prestatif. Terus apa lagi siiihh? Kamu juga akan memperoleh beasiswa yang tak diduga-duga, baik itu beasiswa dari kemenristekdikti maupun UPI. Daaaannn setiap pencapaian prestasi kamuuu, kamu akan memperoleh apresiasi dari kampus. Menarik ga tuuhhh? Belum cukup? Masih ada lagi! Kamu juga akan selalu dilibatkan dalam kegiatan keilmiahan kampus atau fakultas. Intinyaaaaa, hidup kamu akan berubah setelah menjadi Mapres huehehehe. Ini berdasarkan pengalaman yang aku rasakan yapsss!

 

Terus gimana sih caranya? Siapkan diri kamu dalam berbagai pengembangan diri, tidak terkecuali akademik. Langkah pertama untuk jadi Mapres, harus bisa nih untuk selalu mempertahankan IPK diatas 3,00 yaaaaa. Organisasi juga harus aktif nih, jangan kupu-kupu. Mau di tingkat jurusan, fakultas, dan univ, ataupun di luar kampus itu bisa banget. Tapi, jangan lupa rumah ya. Organisasi akan mengembangkan diri kamu dalam leadership, berpikir kritis, dan ilmiah.

 

Nah, yang paling bener-bener kamu harus usaha banget adalah track record 10 prestasi yang dibanggakan di tingkat nasional dan internasional SELAMA KULIAH. Jadi SMP SMA tidak dihitung yaaa. Terakhir, kamu juga harus punya jiwa sosial untuk membantu sekitar, buatlah gerakan sosial yang kamu inisiasi sendiri, meski kecil tapi dampaknya besar. Contohnya, kamu tau ga sih? sekarang pada beralih untuk ga pake sedotan plastik lagi. Simpel banget kan sebenernya, cuma ga pake sedotan, tapi dampaknya besar untuk lingkungan.

 

Teerrruuusss, nanti ketika ajang pilmapres itu dibuka, kamu bakal diharuskan untuk menulis karya tulis ilmiah (KTI) berdasarkan ide inovatif kamu sendiri sesuai dengan bidang ilmu yang ditekuni. Nanti kamu bakal diminta mempresentasikan yang kamu tulis dalam bahasa Inggris dan Indonesia di depan dewan juri. Jadi niiihh, dari sekarang kamu harus belajar menulis KTI, public speaking juga ya, khususnya dalam menginformasikan hal yang kamu maksud kepada orang lain, dan kuasai bahasa Inggris. Kalau menguasai bahasa asing lainnya bakal lebih bagus lagi.

 

Susah yaa? Engga ko, kalau dijalanin pasti bisa, jangan banyak dibayang-bayang, tapi lakukan!
Terus gimana jalanin semuanya? Ko bisa imbang gitu? Nikmati jalannya, waktunya kuliah, ya kamu harus kuliah, kerjakan tugas dengan baik dan pahami materi kuliah. Tugas-tugas kuliah juga sangat erat kaitannya dengan KTI, jadi kamu bakal bisa bikin KTI, gausah takut. Kuliah juga bakal selalu diminta presentasi, jadi sekaligus melatih public speaking kamu. Selanjutnya, jadikan organisasi sebagai tempat untuk merefresh diri kamu dari kejenuhan kuliah. Seru kan ketemu temen-temen, ngobrol, bareng-bareng berjuang mencapai target. Itu beneran seru banget, karena bikin kita mencetak sejarah baru hehehe. Nah, kalau jiwa sosial harus punya yah, kan kita mahluk sosial, dan pada akhirnya akan kembali pada masyarakat setelah lulus, kenapa engga untuk sedari dini untuk mengamalkan ilmu yang kita tekuni. Terakhir, 10 prestasi yang kayanya PR BESAR BANGET. Tenang ajaaa. Cari passion kamu dulu di bidang apa, kalau udah passion pasti enjoy jalaninnya, coba-coba ikut lomba. Kalau gagal jangan nyerah, tapi harus bangkit lagi dan belajar dari pengalaman sebelumnya. Sooo, pasti kamu bisaaaa!!!

 

Semangaaattt! Tekad yang kuat dan tangguh akan membawa kamu pada keberhasilan, dan jangan lupa selalu sertakan Allah. Keberhasilan akan kamu capai ketika kesempatan bertemu dengan kesiapan.
Kata-kata mutiara dari aku nih, Jangan lelah mengejar mimpi, karena akan lebih lelah jika kamu tidak berhasil mewujudkan mimpi. Fighting!!!

 

Hubungi aku di nomer 082217829703 kalau kamu pengen cerita-cerita sama akuuu.

12.07 Pengalaman Kuliah 0

Post details

Leave a Reply

Social