Setiap Kita Istimewa dengan Caranya Sendiri

Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

Hai KMBK! Kenalin, aku Salma Pranita Az Zachra dari kelas BK-2A 2021. Aku seneng bisa dikasih kesempatan buat sharing disini. Kebetulan, ada sedikit keresahan yang cukup mengganggu pikiran aku beberapa waktu lalu. Tapi, aku kasih tau sedikit fun fact deh! Aku biasanya bisa berkarya disaat aku lagi gak nyaman sama diriku sendiri, lebih seringnya disaat aku punya perasaan kecewa dan marah terhadap seseorang atau bahkan terhadap diriku sendiri. Aneh ya? tapi bener deh aku rasa aku punya energi lebih untuk berkarya disaat ada keresahan di dalam diri aku. Jadi, rata-rata karyaku semua bersumber dari keresahan aku pribadi. Nah, kali ini aku mau berbagi cerita based on my restless yang aku rasa mungkin temen-temen bisa ambil sedikitnya pelajaran dari sini. Selamat membaca ceritaku ya!

 

Aku mau jujur, kalau aku bahagia dan bersyukur banget bisa menjadi bagian KMBK. Karena disini aku dikelilingi lingkungan dan teman yang positive vibes banget! Awal masuk kuliah di BK, jujur aku punya rasa percaya diri yang cukup tinggi karena aku rasa aku membawa diri dan segala potensi yang aku miliki untuk bisa mengimbangi dan beradaptasi dengan teman yang lain. Tapi guys, percaya gak? Ada waktu dimana rasa percaya diri itu menurun setelah melihat segala kelebihan dan potensi yang dimiliki teman-teman di lingkungan BK ini. Ya semakin dirasa semakin ngerasain bahwa diri ini tuh gak ada apa-apanya banget kalau mau dibandingin sama mereka. Dan dari situ, rasa gak nyaman dan gak aman di dalam diri aku muncul.

 

Apa kamu juga pernah ngerasain hal yang sama? Ngeliat si A pinter banget narinya, liat si B suaranya bagus banget, bisa cover lagu ini itu terus di share di media sosial. Gak cukup disitu, liat si C relasinya luas banget, sifatnya yang ramah dan terbuka dengan orang baru bikin dia bisa ikut banyak kegiatan sosial dan udah pasti pengalamannya banyak banget. Belum lagi, siapa yang paling suka merhatiin database prestasi KMBK di instagramnya HIMA BK UPI? Pasti ada kan perasaan minder dan munculah pertanyaan-pertanyaan dalam diri “Kok mereka hebat banget sih?” “Bisa gak ya aku kaya mereka?” Boleh gak, kalau aku jawab “Gak bisa.”

 

Yap, karena kamu adalah kamu. Kamu gak akan pernah bisa jadi orang lain, dan orang lain gak akan pernah bisa jadi kamu. Inilah kamu, dengan segala kelebihan dan potensi yang kamu punya. Itu adalah kalimat yang aku ucap ke diri aku sendiri buat sedikitnya ngurangin rasa gak aman aku.

 

Dari situ aku jadi inget, aku pernah baca suatu part di dalam sebuah buku yang pada akhirnya membuka sudut pandang aku lebih luas lagi. Inti dari isi part itu, bahwa kelebihan diri gak harus selalu terlihat oleh banyak orang, bukan hanya tentang memenangkan banyak kompetisi dan prestasi akademik atau non-akademik yang gemilang. Tapi, kelebihan diri itu adalah sekecil apapun hal baik yang ada di dalam diri kita. Tutur kata yang baik, hati yang sabar, perbuatan yang tulus, tanggung jawab atas kewajiban, pekerjaan yang tidak pernah tertunda, dan bahu yang kuat itu juga adalah kelebihan diri. Karena gak semua orang bisa memiliki hal itu di dalam dirinya.

 

Aku yakin setiap dari kita istimewa dengan caranya masing-masing. Dengan segala potensi dan kelebihan diri yang tak pernah terpublikasi. Kita hanya perlu lebih menyadari dan mengakuinya tanpa membuat standar “kelebihan” yang terlalu tinggi.

 

Selamat menggali dan mengoptimalkan kelebihan diri, teman-teman. Terima kasih ya sudah membaca sampai akhir. Senang bisa berbagi disini, tapi lebih menyenangkan lagi kalau kita bisa melanjutkan diskusi hal lainnya diluar ini. Teman-teman bisa temui aku di instagram @salprara ya! Ah, karyaku seadanya. Tapi aku harap, sedikitnya bisa menenangkan. Sampai bertemu di lain diskusi dan kesempatan. See you! (っ’-‘)╮=͟͟͞͞💌

24.05 Karya Tulis, Pengalaman Pribadi 0

Post details

Leave a Reply

Social