Untuk Sukses Anda Harus “Terus Berenang”

Haloo, Akang-Teteh KMBK atau siapapun yang membaca tulisan ini, semoga dalam keadaan sehat dan juga bersemangat menjalani hariinyaa!!

 

Sebelumnya, izinkan aku untuk memperkenalkan diri terlebih dahulu.

 

 

Halooo, aku Debby Rojwa Nurshabrina dari Prodi Bimbingan dan Konseling Kelas BK-3A Angkatan 2022. Aku biasa dipanggil Debby, Hobi aku travelling dan membaca, meskipun emang basic dan terkesan biasa aja tapi 2 hal itu bikin aku selalu termotivasi dan merasa hidup. Kegiatan sehari-hari di semester 3 ini meskipun tidak sepadat saat semester padat (SP) ataupun semester sebelumnya tapi cukup menguras tenaga dan emosi karena seringkali ketika kita mengulang kegiatan yang sama akan merasa jenuh, mohon doa-doa baik kalian buat aku di semester 3 ini ya.

 

Gimananih pas baca judulnya aneh engga? Atau emang ada yang udahh tau soal kalimat “terus berenang” itu dari siapa?

 

Yapp betull. Kalimat terus berenang atau just keep swimming berasal dari Film finding nemo dari walt disney. “Terus berenang”, “Terus berenang!” dari Dory, seekor ikan dalam cerita, mengulangi kalimat tersebut untuk menekankan kekuatan kemauan dan terus maju. Dory sendiri mengalami short-term memory lost, dory terpisah dari orang tuanya dari sejak kecil sampai dewasa, tapii? Dengan konsep pemikiran terus berenang dia dapat bertemu kembali dengan kedua orang tuanya setelah bertahun-tahun. Yukk simakk tulisan aku inii.

 

Teman-teman pernah ga sih ngerasa susah banget menggapai sesuatu? Padahal belum dicoba karena udah overthinking duluan sama hasilnya atau kadangkala kita terlalu sering mikirin kalimat-kalimat seperti “gimana ya nanti” “susah ga ya” “gabisa ya” atau segudang pemikiran-pemikiran negatif lainnya yang tanpa kita sadari itu yang bikin kita takut  dan ga berkembang.

 

Lalu apasih kaitannya sama konsep terus berenang?

 

Konsep terus berenang menujukan bahwa seorang individu menekankan kekuatan dan kemauan untuk maju di setiap kondisinya, Sejak dahulu aku percaya bahwa hidup itu tergantung kepada diri kita sendiri dan aku tidak terlalu percaya terhadap hoki atau keberuntungan, aku selalu menganggap bahwa hidup adalah tentang perjuangan dan kemauan, semua orang mungkin memiliki kesempatan yang sama tetapi tidak semua orang melakukan yang terbaik dan terus mencoba hal-hal baru yang diluar kemampuan mereka.

 

Just keep swimming, terdengar aneh tapi sangat memotivasi karena seringkali kita diam atau hanya memandang suatu masalah, kesempatan dan keinginan dengan kata “gimana ya” 2 kata simple tapi cukup lama jika harus terus memikirkan hal tersebut yang lama-lama mengarah  kepada overthinking atau sekedar bingung? Dan akhirnya tidak malakukan apa apa.

 

Just keep swimming, dengan memiliki motto tersebut lebih memudahkan aku pribadi untuk menghadapi kehidupan, tantangan, kesempatan, penyakit bahkan masalah? Kenapa? Karena aku tidak terlalu banyak memikirkan hal-hal negatif yang terjadi atau memulai sesuatu dengan pemikiran negatif, tetapi aku berfokus dan menganggap bahwa semua yang terjadi harus dihadapi dan dicoba sebaik mungkin karena kesempatan tidak datang dua kali. Motto tersebut juga menjadikan aku pribadi yang menyukai tantangan meskipun terkadang strees  tapi kalau udah beres ngerasa bahwa semuanya dapat dihadapi dengan baik. Selain itu, aku selalu mengganggap daripada kita banyak “mengeluh” “menggerutu” “marah-marah” atau bahkan menyerah, lebih baik kita memikirkan solusi terbaik dan berjuang berkembang sebaik mungkin.

 

Sebelumnya aku mau ngasih sedikit contoh kecil-kecilan pengalaman aku pribadi yang memiliki motto  terus berenang, meskipun tidak banyak tapi semoga dapat memotivasi. Prestasi akademik aku pribadi, Sejak SD aku rangking 1 dari kelas 1 hingga kelas 6, SMP aku rangking 3-10 besar dan SMA aku kembali rangking 1 dari semester 1 sampai 6 dan lulus sebagai lulusan terbaik, hingga kuliah aku lolos jalur SBMPTN pilihan pertama di Prodi Bimbingan dan Konseling UPI. Untuk prestasi Non-akademik aku menjadi atlet pencak silat selama 3 tahun tingkat kabupaten, aku menjadi juara 2 kepemimpinan tingkat nasional di salah satu lomba pramuka, mengikuti Jambore cabang dan jambore daerah, akupun menjadi siswa berprestasi non akademik di bidang MC dan mengikuti serangkaian lomba-lomba dan yang terakhir aku ikuti yaitu, OSN bidang kebumian tingkat kabupaten. Selain itu aku memiliki penyakit autoimun tepatnya Hipertiroid  yang sedang aku jalani selama 4 tahun kebelakang dan untuk kedepannya bahkan seumur hidup dengan setiap 1-6 bulan harus kontrol ke rumah sakit, tetapi dengan konsep “just keep swimming” aku tidak mengganggap tantangan atau apapun yang aku hadapi sebagai hal negatif dan terus berusaha untuk berkembang sebaik mungkin.

 

Konsep just keep swimming juga menyambung dengan konsep mindfulness, Mindfulness merupakan kemampuan dasar manusia untuk hadir sepenuhnya dan sadar dimana kita berada, kobisa menyambung? Tentu saja, seorang individu yang mindfulness tidak akan terlalu banyak memikirkan hal-hal negatif atau bahkan hal-hal yang belum terjadi, dengan mindfulness akan mendukung individu untuk selalu bergerak dengan kesadaran yang penuh dan tentu dengan motivasi yang baik.

 

Selain itu, individu yang selalu menekankan kekuatan dan kemauan untuk maju akan memiliki konsep self-love yang baik, dimana individu sudah dapat menerima dan mencintai diri sendiri bahwa memang terkadang ada situasi dimana kita masih terasa kurang, merasa kurang pintar, kurang cantik, kurang ganteng, kurang baik, kurang produktif atau segudang kekurangan yang kita miliki, perasaan kurang tersebut juga akan membantu kita untuk berfikir “oh ternyata masih banyak yang kurang dan banyak hal yang perlu dibenahi” meskipun kalimat tersebut berasal dari pengalaman-pengalaman buruk dan terasa negatif tetapi dengan konsep ”terus berenang” kita dapat memaknai kekurangan tersebut sebagai motivasi untuk terus berkembang dan semakin baik.

 

Jadi aku disini, mau mengajak akang-teteh dan teman-teman semua untuk selalu memaknai hidup ini dengan hal-hal positif, belajar lebih mindfulness dalam kehidupan dan terus berenang untuk mencapai tujuan kita. Karena dengan begitu artinya kita sudah dapat mencintai diri kita. Aku tau ini tidak semudah apa yang dituliskan, bahkan akupun sedang dalam proses untuk mencapai hal tersebut, tetapi daripada terus berlarut dalam pemikiran negatif, lebih baik terus memupuk pemikiran-pemikiran positif dan terus berkembang.

 

Just keep swimming and finally reach the destination!

 

 

Terima kasih Akang-teteh KMBK dan semua yang membaca tulisan kecil-kecilan ini. Sukses selalu dan ayoo untuk terus berenang mencapai tujuan kita!!!

 

14.11 Karya Tulis 0

Post details

Leave a Reply

Social